Temuan BPK, Proyek Rp2,7 Triliun di Sumut 2022, Kurang Volume Pengerjaan Rp14 Miliar

Temuan BPK, Proyek Rp2,7 Triliun di Sumut 2022, Kurang Volume Pengerjaan Rp14 Miliar

topmetro.news Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumatera Utara, menemukan kekurangan volume pengerjaan sebesar Rp14 miliar pada termin pertama terhadap proyek Multi Years Contract (MYC) perbaikan jalan 450 Kilometer atau dikenalkan Proyek Rp2,7 triliun.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam pembayaran, dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Pemprov Sumut, pembayaran untuk termin pertama pada tahun 2022 dan baru membayar Rp199 miliar, sebagai uang muka.

“Dengan kata lain termin 1 pembayarannya, dipotong untuk ruas jalan yang kekurangan volume tersebut dan design and built kurang sesuai. Dan juga dikurangi uang muka (jadi) Rp119 M. Lebih teknisnya MK (Manajemen Konsultan) dan Kadis PUPR yang mengimplementasikan hal tersebut,” ucap Ilyas kemarin.

Ilyas mengungkapkan, untuk diketahui, proyek Rp2,7 triliun tersebar di 33 kabupaten/kota Sumut dengan masa pelaksanaan 540 hari. Sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dan pemeliharaan 730 hari kalender.

Artinya, ketentuan pembayarannya, termin 1 Rp250 miliar setelah pengerjaan 33,56%, termin 2 pembayaran Rp250 miliar setelah 40%, termin 3 Rp500 miliar setelah 60%, termin 4 Rp500 miliar setelah 80% dan termin 5 Rp500 miliar setelah 100% dan termin 6 Rp648 miliar di tahun 2024.

Ilyas menjelaskan soal adanya informasi salah satu perusahaan Kerja Sama Operasi (KSO) tengah berupaya melakukan pinjaman ke PT Bank Sumut untuk membiayai proyek Rp2,7 triliun, tentunya ada mekanisme tersendiri yang diterapkan bank daerah itu untuk menghindari risiko kedepan

“Kalaupun informasi itu benar, pastinya PT Bank Sumut mengedepankan prinsip kehati-hatian. Pasti ada SOP dan ketentuan sesuai perundang-undangan yang harus dipenuhi kedua belah pihak sebelumnya,” kata Ilyas.

Walau pembayaran belum dilakukan, saat ini masyarakat sudah menikmati perbaikan jalan dari proyek ini sebesar 45,6%. Total yang telah dikerjakan sebanyak 95 ruas dari total keseluruhan proyek ini (163 ruas). Sedangkan yang sudah selesai pengaspalan berjumlah 39 ruas.

Ruas Jalan

Ruas jalan yang telah selesai dilakukan pengaspalan antara lain Jalan Mayjen TNI DI Panjaitan, Nagahuta Timur, Pematangsiantar, Jalan Sukaramai-Salak (ruas 63), Simpang Pertempuran-Batas Medan (Marelan), Jalan Ngumbang Surbakti–Simpang Gatot Subroto, Simpang Beringin–Hamparan Perak, ruas Perdagangan dan ruas lainnya.

“Walau Pemprov Sumut masih membayar uang muka, tetapi masyarakat kita sudah bisa menikmati 45,6% dari proyek ini. Dan itu juga berdampak besar bagi perekonomian kita untuk memperlancar mobilitas dan distribusi logistik,” ucap Ilyas.

Bukan hanya untuk mendapatkan jalan yang layak dalam memperlancar mobilitas masyarakat, proyek Rp2,7 triliun harus benar-benar tepat administrasi dan tepat pengerjaan. Dengan begitu, anggaran yang digunakan bisa berdampak langsung kepada masyarakat.

“Proyek ini harus menambah perputaran uang di masyarakat, Rp2,7 triliun itu tidak sedikit. Uang tersebut digunakan untuk belanja material, membayar puluhan ribu pekerja, membayar kontraktor. Orang-orang yang terlibat tersebut juga akan mengeluarkan uangnya tersebut untuk keperluannya sehingga terjadi perputaran uang di situ,” tutur Ilyas.

Proyek pembangunan jalan Pemprov Sumut ditargetkan akan selesai akhir tahun 2023 termasuk jembatan, drainase dan bahu jalan. Selanjutnya, Pemprov Sumut rencananya akan kembali melakukan proyek serupa tahun berikutnya untuk memberikan jalan dengan status mantap sedikitnya 70% dari total jalan Provinsi Sumut 3.005 Km.

“Tahun depan direncanakan akan kita lakukan kembali proyek ini untuk memberikan jalan yang layak kepada masyarakat kita. Karena jalan akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Ilyas.

penulis: Erris

 

Related posts

Leave a Comment